Rabu, 19 September 2012

:: Sekilas Tentang Provinsi Sulawesi Selatan ::


Sulawesi yang dulunya dikenal dengan nama Celebes adalah sebuah pulau yang indah. Luas wilayahnya 45.764,53 Km2 dan terletak antara 0012’ – 80 Lintang Selatan 116048’ – 122036’ Bujur Timur, yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Barat di sebelah Utara dan Teluk Bone serta Provinsi Sulawesi Tenggara di sebelah Timur. Batas sebelah Barat masing-masing adalah Selat Makassar, dan Laut Flores disebelah Selatan.




Secara administratif pemerintahan, Provinsi Sulawesi Selatan terbagi menjadi 21 Kabupaten, 3 Kota dan terdiri dari 303 Kecamatan serta 2.946 Desa/Kelurahan. Pulau ini merupakan pulau dengan pemandangan lepas pantai dan dataran tinggi yang sangat indah. Secara geografis, Selat Makassar dikenal sebagai perbatasan garis Wallace, yang membagi 2 macam fauna, antara bagian timur dan barat Indonesia, dimana terdapat flora dan fauna spesifik seperti Kayu Hitam, Babi Rusa dan Anoa.

Pulau ini telah dihuni oleh manusia sejak 30.000 tahun yang lalu, hal ini terbukti dari tanda yang ditemukan pada Gua-Gua yang terletak didekat bukit berbatu gamping yang tak jauh dari kota Maros atau kira-kira 30 Km sebelah Tenggara Makassar. Ada kemungkinan peradaban kuno di pulau ini adalah Lembah Walanae, sebuah daerah diantara Soppeng dan Wajo dimana perkakas dibuat dari lapisan atas dan kerikil atau alat serpih ditemukan fosil dari spesies babi, rusa dan gajah juga ditemukan disekitar daerah ini. Selama zaman yang makmur dengan perdagangan rempah-rempah pada Abad 15 sampai 19, Sulawesi Selatan memainkan peran yang penting sebagai gerbang ke Pulau Maluku yang kaya dengan rempah-rempahnya. Kerajaan besar Makassar (Gowa) dan Bone seperti yang disebutkan dalam Sejarah Indonesia Timur yang sangat dikenal.





Sulawesi Selatan di huni suku yang terbesar yaitu, Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Masyarakat dari 3 suku pertama diatas dikenal sebagai Pelaut yang Patriotik dan Pemberani sebelum dan sesudah perang berlangsung, dengan Perahu Layar Tradisional ,mereka berlayar mengarungi berbagai laut di Indonesia, menuju bagian Utara Australia, beberapa pulau di Samudra Pasifik dan Afrika.


Khususnya masyarakat Toraja, dikenal dengan kebudayaannya yang spesifik, hal ini dapat dilihat pada upacara kematian, rumah-rumah tradisional dengan atap melengkung dan ukiran-ukiran indah dengan warna natural.

Secara geografis, masa sejarah dan prasejarah Sulawesi Selatan menciptakan unsur kebudayaan yang sangat menarik, ini dapat dilihat dan dinikmati keunikan kebudayaan tersebut seperti Upacara Adat, Tarian-tarian Tradisional, Ukiran, Tenunan yang indah yang terbuat dari Sutra dan Kapas serta pemandangan alam tropis yang mempesona.
Provinsi Sulawesi Selatan yang berpenduduk + 7.675.893 jiwa yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota, yaitu Kepulauan Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Sinjai, Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Tora Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, Makassar, Pare-Pare dan Palopo.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar